Apakah Anda rajin berolahraga untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar? Yakinkah Anda bahwa olahraga yang Anda lakukan sudah sesuai dengan kondisi tubuh Anda? Faktanya, tidak semua jenis olahraga sesuai untuk semua orang. Menurut para pakar kesehatan jasmani, jenis olahraga yang ingin dilakukan harus disesuaikan dengan bentuk dan postur tubuh.
Salah-salah, bukan sehat yang Anda dapatkan, tapi justru cedera yang Anda peroleh jika Anda tidak mengetahui jenis olahraga yang cocok dan sesuai dengan tipe tubuh Anda. Oleh karenanya, pada tulisan kali ini kami berikan sedikit tips untuk memilih jenis olahraga yang sesuai berdasarkan tipe (jenis) tubuh Anda.

Terdapat 3 tipe /jenis tubuh manusia yaitu :

1. Endormorf ; bentuk tubuh gemuk, lebar di bagian paha, pinggang dan perut besar, tidak berotot.
Tipe endomorph cenderung memiliki tulang yang lebih besar daripada tipe-tipe tubuh lainnya. Pria atau wanita dengan tipe tubuh endormorf bisanya memiliki muka yang bulat dengan paha dan pinggul yang lebih besar. Tipe tubuh endormorf biasanya memiliki bentuk tubuh seperti buah pir.

Tubuh yang termasuk ke dalam tipe endormorf memiliki tangan dan kaki yang cenderung lebih pendek dan terkesan gemuk. Tipe tubuh endormorf juga memiliki lemak tubuh yang lebih tinggi, namun tubuhnya mudah untuk dibentuk menjadi otot. Orang yang memiliki tipe tubuh endormorf biasanya mudah gemuk, dan metabolism tubuhnya cenderung lebih lambat dibandingkan tipe tubuh yang lainnya sehingga agak susah untuk menurunkan berat badan.

Namun, bukan berarti orang dengan tipe tubuh ini tidak bisa memiliki bentuk tubuh yang bagus loh. Olahraga yang tepat, dapat membantu untuk menurunkan berat badan dan memperindah bentuk tubuh.
Disarankan untuk melakukan jenis olahraga ringan yang tidak menyebabkan tegangan tinggi pada kerangka tubuh, aktivitas fisik yang durasinya agak lama namun tidak berlebihan. Selama berolahraga, hendaknya jangan menahan nafas.

Contoh olahraga yang bisa dilakukan : bersepeda, berjalan, berenang, latihan cardio, aerobic.
Aktivitas fisik sehari-hari yang juga bisa membakar lemak tubuh adalah : melakukan tugas pekerjaan rumah sehari-hari, berkebun, mencuci mobil, berjalan-jalan di mall.

2. Mesomorf ; bentuk tubuh yang bertulang besar, berotot, bahu lebar, pinggang sempit.
Tipe tubuh mesomorf biasanya digambarkan sebagai bentuk tubuh yang atletik dan memiliki bentuk tubuh yang indah. Orang dengan tipe tubuh mesomorf biasanya memiliki bentuk tubuh seperti jam pasir, dan juga memiliki otot tubuh yang besar.

Hampir sebagian besar tipe tubuh mesomorf memiliki pundak/bahu yang lebar dan pinggang yang sempit. Namun, metabolism orang dengan tipe tubuh mesomorf cenderung cepat dan lebih mudah dalam menurunkan berat badan dibandingkan tipe endormorf.

Disarankan untuk memilih jenis olahraga yang memerlukan keseimbangan, kekuatan dan ketangkasan. Contoh olahraga yang dapat dilakukan : berjalan, lari jarak pendek (bukan marathon), silat/karate, tenis, berselancar, latihan cardio 30 – 40 menit 3 – 5 kali seminggu untuk menghilangkan lemak tubuh, pilates dan yoga, atletik.
3. Ektomorf ; bentuk tubuh tinggi, leher ramping dan panjang, pergelangan kaki dan tangan kecil, sulit mengembangkan otot-otot kuat.
Tipe ektomorf memiliki tampilan yang lebih kurus dan bentuk yang lurus. Hampir sebagian besar orang dengan tipe tubuh ektomorf memiliki bentuk tubuh yang terlihat seperti penggaris, dengan pinggang, pinggul, dan pundak yang kecil.

Orang dengan tipe tubuh ektomorf dapat dengan mudah menurunkan berat badan, dan cenderung memiliki kadar lemak tubuh yang rendah. Metabolisme tubuhnya cepat, sehinggs orang dengan tipe tubuh ini agak susah bila ingin menambah atau menaikkan berat badan.

Untuk memiliki bentuk tubuh yang indah, bentuk tubuh ini cocok melakukan jenis olahraga yang bertujuan untuk menambah otot tubuh seperti squat. Batasi juga aktivitas fisik yang banyak membakar lemak tubuh bila ingin menambah atau meningkatkan berat badan. Jenis olahraga lain yang cocok untuk dilakukan adalah jogging, lompat tali, basket, tenis, olahraga dengan raket, ski.

Sejatinya olahraga yang dilakukan dengan rutin akan membuat alirah darah dalam tubuh menjadi lebih lancar sehingga tubuh akan menjadi lebih fit, sehat, dan bugar. Pilihlah jenis olahraga yang tidak hanya Anda sukai, melainkan juga memang cocok dengan tipe tubuh Anda. (ST)